Perbaikan pelayanan publik menjadi salah satu pekerjaan rumah yang belum terselesaikan hingga kini telah banyak yang dilakukan oleh pemerintah dan khususnya pada pelayanan publik, Demokratisasi pada saat itu bisa dikatakan berhasil dalam melakukan penguatan pada hak-hak politik untuk warga masyarakat untuk memilih secara langsung wakil-wakil rakyatnya dan pemerintah, tetapi sangat disayangkan ternyata perwakilan dari masyarakat kita belum bisa dan belum berhasil menempati arus utama, bahkan terus tergusur mengarah ke tepi akibatnya warga dan yang memiliki kepentingan tidak menjadi Segala bentuk pelayanan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah, baik di pusat maupun di daerah, BUMN/BUMD dalam bentuk barang dan atau jasa, baik dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan peraturan perundang-undangan. Pelayanan terdiri dari tiga unsur pokok, yaitu sebagai berikut:
a. Biayanya relatif harus lebih rendah,
b. Waktu untuk mengerjakan relatif cepat, dan
c. Mutu yang diberikan relatif lebih bagus.
Manajemen Pelayanan Sektor Publik yang dimana dalam pelayanan publik negaralah yang berperan penting karena itulah salah satu tugas dari sebuah negara. D