Persiapan Penyelenggaraan Expo Sunda Kecil Kerjasama 3 (Tiga) Provinsi : NTT – NTB – BALI di Kupang

Persiapan Penyelenggaraan Expo Sunda Kecil Kerjasama 3 (Tiga) Provinsi : NTT – NTB – BALI di Kupang

KUPANG, DPMPTSP PROV. NTT – Sesuai kesepakatan 3 (tiga) Provinsi yang tergabung dalam Forum Sunda Kecil, yaitu Provinsi NTT, Bali dan Provinsi NTB setiap tahun menyelenggarakan Expo Sunda Kecil, dengan lokasi bergantian. Penyelenggaraan Expo Sunda Kecil pertama kali dilaksanakan Tahun 2016 di Kupang, yang mana Pemerintah Provinsi NTT dipercayakan sebagai tuan rumah, kemudian Tahun 2017 sesuai kesepakatan 3 (tiga) Gubernur pada saat itu, penyelenggaraan Expo Sunda Kecil di laksanakan di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Tahun 2018 kegiatan Expo Sunda Kecil dilaksanakan di Denpasar – Provinsi Bali. Tahun 2019 ini, sesuai kesepakatan kegiatan Expo Sunda Kecil, Provinsi NTT kembali dipercayakan sebagai tuan rumah. Kegiatan Expo Sunda Kecil ini secara teknis pelaksanaan dibawah koordinasi Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi NTT yang dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTT, mitra terkait dan sponsor seperti Bank NTT, dan Bank Indonesia serta kerjasama dengan PT. Aira Mitra Media yang setiap tahun menyelenggarakan Kupang Tourism Trade Investment (TTI) Expo.

G:\Foto Sunda Kecil\20191017_105711.jpg

Kegiatan Expo Sunda Kecil merupakan ajang promosi yang efektif untuk memperkenalkan produk unggulan daerah, potensi pariwisata, potensi dan peluang investasi, industri kreatif, dan kerajinan tangan yang dapat meningkatkan perekonomian daerah. Kegiatan Expo Sunda Kecil Tahun 2019 dilaksanakan tanggal 14 – 17 November 2019 bertempat di Lippo Plaza Kupang. Sehubungan dengan itu, untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan Expo telah dilakukan berbagai rapat persiapan dengan mitra dan instansi terkait. Pada tanggal 17 Oktober 2019 dilakukan rapat persiapan yang dipimpin langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi NTT (Ibu Julie Sutrisno Laiskodat) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi NTT, yang dihadiri oleh Pihak Exhibition Organizer (EO) PT. Aira Mitra Media) serta sponsor utama Bank NTT serta Perangkat Daerah, mitra dan instansi terkait lainnya (MUI dan Balai POM untuk memastikan produk yang dijual aman dan halal). Usai rapat semua peserta langsung memantau lokasi Lippo Plaza Kupang tempat penyelenggaraan kegiatan Expo Sunda Kecil. Kegiatan Expo kali ini didesain sedemikian rupa agar memberikan dampak langsung kepada masyarakat dengan melibatkan 100 UMKM Kreatif NTT, peserta dari Provinsi lain di Indonesia, Pemerintah Kabupaten/Kota, Negara Republik Demokratik Timor Leste, Kementerian terkait, Perusahaan Swasta Nasional dan Multinasional, BUMN/BUMD beserta mitra binaannya, dunia usaha serta pelaku UMKM dan Industri Kreatif seperti Tenun Ikat NTT.

G:\Foto Sunda Kecil\20191017_111934.jpg

Pada moment Expo Sunda Kecil ini juga dilakukan temu bisnis atau One On One Meeting antara Pengusaha Cina dengan Pengusaha Lokal NTT serta Para Pengusaha dari luar NTT yang difasilitasi oleh Konsulat Jenderal RRT di Denpasar-Bali (Wilayah Bali, NTB, NTT).

G:\Foto Sunda Kecil\20191017_112515.jpg

Ada beberapa bidang usaha yang siapa ditawarkan diantaranya di Sektor Pertanian dan Perkebunan (Pengembangan Kelor, Kopi), Infrastruktur, Energi dan Sumber Daya Mineral, Real Estat, Pariwisata, Kelautan dan Perikanan (Garam, Industri Pengolahan Ikan), dan Sektor Jasa.

Ayo, Mari Sukseskan Ivent Expo Sunda Kecil Tahun 2019, Tingkatkan Investasi Sejahterakan Masyarakat Nusa Tenggara Timur. (gj)

BALIHO SUNDA KECIL 2019 LOW-1

Comments are closed.